Editorial : Mengapa Mike Portnoy Tidak Akan Kembali?

Akhir-akhir ini kembali lagi muncul ke permukaan berita, artikel, atau wacana mengenai kembalinya Mike Portnoy ke Dream Theater. Dari Mike Portnoy sendiri atau dari personil Dream Theater lainnya. Dan tentu saja masih ada beberapa penggemar yang masih mengharapkan hal itu terjadi tanpa pikir panjang. Tapi apakah mungkin Mike Portnoy akan kembali? Sudah hampir 3 tahun setelah Mike keluar dari Dream Theater, hal ini masih saja dibicarakan. Saya rasa perlu mengungkapkan apa yang saya pikirkan mengenai hal ini. Sebagai seorang drummer saya sangat mengagumi permainan drum Portnoy. Saya lebih suka permainan Portnoy dibanding Mangini. Tetapi saya lebih mengutamakan Dream Theater.  Saya lebih mengutamakan keberlangsungan Dream Theater secara musik, secara hubungan personal, dan lain-lain. Oleh karena itu, saya merasa Mike Portnoy tidak akan kembali ke Dream Theater.

Banyak alasan dan analisa yang bisa kemukakan untuk mendukung pemikiran saya dan akan saya utarakan satu per satu.

Setelah Portnoy keluar dan Mangini masuk, Dream Theater tidak mengalami kemunduran. Penjualan album A Dramatic Turn of Events tetap saja meraih angka yang tinggi. Album ini juga diterima oleh para penggemar dan kritikus. Dream Theater mendapatkan nominasi Grammy Award pertamanya untuk single On The Backs Of Angels. Konser mereka tetap tidak sepi bahkan akhirnya mereka bisa datang ke Indonesia. Secara musik, meskipun bagi saya A Dramatic Turn of Events adalah album yang “aman”, album ini tetap memberikan nuansa yang menyegarkan bagi musik Dream Theater yang akhir-akhir ini sudah “terlalu metal” karena pengaruh Mike Portnoy sendiri. Ketika mendengar lagu seperti Breaking All Illusion saya merasa kembali mendengarkan musik Dream Theater klasik. Musik Dream Theater telah kembali. Karena album ini sukses secara kritik dan komersil, tentu saja yang mereka lakukan bukan lah sebuah kegagalan. Jika mereka meraih sukses seperti ini tanpa sosok Mike Portnoy, kenapa mereka harus menerima kembali Mike Portnoy? Akan lain jika hasil penjualan album ini jelek atau mendapat ulasan yang tidak bagus dari kritikus.

Mike Mangini bukanlah Mike Portnoy. Permainan mereka berbeda. Mangini tidak seperti Portnoy yang sangat suka bermain hi-hat dan splash cymbal. Mangini sediri mengakui dia ingin bergabung bukan karena ingin menjadi seperti Mike Portnoy. Meskipun demikian, Mangini memberikan permainan yang lebih teknikal yang membawa Dream Theater ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Bagus atau tidak itu kembali ke selera. Saya saja masih lebih menyukai permainan keyboard Kevin Moore dibanding Jordan Rudess. Tetapi Jordan lah yang sekarang di Dream Theater. Begitu juga Mike Mangini dan mereka sangat bahagia sekarang. Apakah mereka dengan begitu saja mau mengeluarkan Mangini yang rela meninggalkan pekerjaannya di Berklee supaya Mike Portnoy bisa kembali lagi dengan otoriternya itu?

Tidak sedikit yang mengetahui tentang otoriter Mike Portnoy. Selaku produser, Mike cukup keras dan tegas mendorong keinginannya dalam musik Dream Theater. Mike juga suka memaksa musik-musik dari band yang dia suka dimasukkan ke lagu-lagu Dream Theater. Seperti “memaksa” lagu Never Enough karena dia saat itu sangat suka dengan Muse. Beberapa personil akhirnya lebih menurut saja. Seperginya Portnoy membuat antusias para personil dalam membuat lagu kembali bangkit. John Myung merasa seperti kembali ke jaman dimana dia dan John Petrucci sering jamming bersama dan membuat lagu.  John Myung pun mulai kembali menulis lirik. Apakah mereka mau “kebebasan” mereka kembali hilang dan kembali dikuasa Portnoy? Akan kah mereka akur kembali? Saya tentu lebih memilih Dream Theater yang bahagia dan bisa bertahan terus membuat musik.

Diantara personil Dream Theater, James LaBrie adalah yang hingga saat ini masih tidak berhubungan dengan Mike Portnoy seperginya Mike dari Dream Theater. Hubungan James dan Mike tidak begitu harmonis hingga suatu saat hampir berkelahi. Di suatu wawancara di tahun 2000an, Mike Portnoy pernah mengakatan jika Dream Theater baru mulai dibentuk akhir-akhir ini dia tidak akan memilih James LaBrie sebagai vokalis. Di forum website Mike Portnoy, Mike juga menghapus topik tentang tur solo James LaBrie karena dia tidak suka mendengar James berkata di sebuah wawancara dimana James tidak merasa sedih Mike Portnoy keluar. Berdasarkan perseturuan ini, saya merasa jika Mike Portnoy kembali, besar kemungkinannya James LaBrie tidak akan senang dan dia lebih memilih untuk keluar dan menurut saya perubahan suara vokal dalam Dream Theater akan jauh lebih membuat mereka tidak diterima oleh penggemarnya.

Jika karena kehendak Tuhan, sesuatu terjadi dengan Mike Mangini dan Dream Theater harus mencari drummer baru. Saya merasa Dream Theater akan lebih memilih untuk melakukan audisi lagi ketimbang mengajak Mike Portnoy kembali.

Portnoy adalah drummer yang hebat. Meskipun demikian saya sangat puas dengan Dream Theater yang sekarang. Tidak ada rasanya yang perlu diubah. Dream Theater sendiri tidak akan kehilangan identitasnya. Keberadaan Portnoy sangat berarti, tetapi satu hal yang perlu diingat. Mike bukan seorang komposer. Bukan Mike yang menciptakan nada, riff, atau melodi. Komposer utama Dream Theater adalah John Petrucci bersama Jordan Rudess. Selama mereka masih bertahan (terutama John) Dream Theater tidak akan kemana-mana. Bagaimana dengan Mike Portnoy? Meskipun saya tidak terlalu menyukai The Winery Dogs, tetapi Mike masih punya Transatlantic. The Whirlwind hingga saat ini merupakan salah satu lagu terbaik sepanjang masa bagi saya dan saya sangat menantikan album ke-4 Transatlantic.

Posted on August 31, 2013, in Dream Theater and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. ya broo..ane setuju dng pndapat ente,,,
    It’s sad, but true..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: